Join KopiPremium's empire

Rabu, 01 Mei 2013

pengertian e commerce adalah

e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Faktor kunci sukses dalam e-commerce

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  •     Menyediakan harga kompetitif
  •     Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  •     Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  •     Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  •     Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  •     Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  •     Mempermudah kegiatan perdagangan

Masalah e-commerce
  •     Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
  •     Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.

Ada beberapa barang yang cocok dijual secara elektronik seperti barang elektronik kecil, musik, piranti lunak, fotografi, dll. Barang yang tidak cocok seperti barang yang memiliki rasio harga dan berat yang rendah, barang-barang yang perlu dibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.

Tidak ada komentar: